Cara Memanfaatkan Sosial Media Untuk Mendapatkan Sesuatu


Masih suka alay dalam sosial media seperti Facebook atau Twitter ? Segeralah tobat dan manfaatkan sosial media anda. Hehe.. kaya iklan obat kuat yah.

Kali ini cuma ingin sedikit berbagi pengalaman aja kalau sebenarnya sosial media yang kita gunakan saat ini dapat menambah pundi-pundi uang... yaelah kemana aja sih -___-"

Tapi benar adanya dan wawasan ini semakin bertambah ketika saya mengikuti acara Disko dari salah satu komunitas blogger di Jakarta pada hari Minggu, 27 April 2014 kemarin. Di acara itu terdapat diskusi yang memang membahas tentang sosial media, dan sosial mediayang kita gunakan saat ini memang dapat menghasilkan sesuatu (baca : Uang).

Namun ngga sembarang 'ujug-ujug' langsung dapat sesuatu melainkan kita harus mengoptimalkan sosial media tersebut menjadi berkualitas, berikut cara-cara mendapatkan sesuatu beserta sosial medianya :

1. Twitter
Meski twitter memiliki batas karakter / huruf sejumlah 140 karakter saja dalam satu kali twitt namun media ini banyak sekali dilirik bagi kalangan pebisnis untuk melakukan promo ataupun kampanye. Oleh karena itu muncul yang namanya Buzzer yaitu orang-orang yang melakukan kampanye / promo tersebut.

Menurut Ani Berta selaku narasumber dalam Disko tersebut menyatakan bahwa mereka yang dipercaya sebagai Buzzer merupakan orang-orang yang aktif di sosial media tersebut dan juga memiliki banyak pengikut alias follower.

Untuk meraih follower yang banyak, kita juga bisa dengan cara memberikan kultwit yang membahas suatu tema tertentu yang menarik seseorang untuk mengikuti / follow kita

Tapi jangan berkecil hati bagi teman-teman yang memiliki pengikut alias follower yang sedikit karena kata teh Ani Berta (sapaan akrabnya), saat ini banyak juga perusahaan / instansi / lembaga / yang butuh Buzzer tanpa melihat followernya, melainkan intensitas aktif twitternya.

Hal itu terbukti juga kok, sebagai contoh saya yang memiliki follower sedikit pernah dipercaya untuk menjadi buzzer (statement ini bukan maksud pamer /ria tapi sebagai berbagi pengalaman aja). Bila berkenan silahkan follow @AlfanRenata

Menurutnya Buzzer terbaik adalah yang memiliki interaksi di setiap tugas buzz nya tapi kita juga harus siap mental karena ngga mudah menjadi buzzer karena beberapa kasus malah banyak yang nyinyir karena timeline mereka banjir dengan konten yang sedang kita bahas oleh karena itu kita juga harus bisa menerima hal tersebut dan mengatasinya dengan bijak.

Polbek ea kaka.. @AlfanRenata  

2. Blog
Mengenai blog, pengakuan terlarang saya adalah pertama kali membuat blog alfanrenata.blogspot.com ini cuma sekedar untuk mencari nilai dari dosen saat kuliah. Bukan hanya itu, sesekali blog ini juga menjadi tempat curhat saya mengenai masa kuliah yang saya update dalam sebulan sekali atau bahkan lebih.

Hal tersebut berubah ketika saya sudah mulai mengenal dan memperdalam pengetahuan mengenai blog, saya kian menikmati menulis diblog dan dalam 3 bulan belakangan ini saya baru mengetahui bahwa blog juga dapat menjadi penambah pundi-pundi penghasilan kita.

Sebagai contoh, sebelumnya saya hanya mengetahui bahwa untuk memulai bisnis online yang kita butuhkan adalah sebuah halaman website yang valid dengan artian memiliki domain dan hosting pribadi. Namun ternyata dengan blog kita juga bisa memulai bisnis tersebut dan mengenai kepercayaan dalam bisnis itu tergantung tujuan dan cara kita menanganinya.

Dan ternyata bukan sekedar bisnis jual beli online saja yang menggunakan blog. Menurut Ani Berta, sebagai blogger sering kali di butuhkan oleh para pencari salesman untuk memasarkan atau pun sekedar memperkenalkan produk mereka.

Biasanya dalam hal ini, blogger berperan untuk me-review produk mereka dan menceritakan pengalaman (experience) terhadap produk mereka. Dan mereka yang mendapatkan tugas review ini adalah mereka yang sering update blognya malah lebih bagus lagi mereka yang dapat update 1 hari dengan 2 artikel baru.

Sebagai bocoran aja nih : mereka yang beruntung ini biasanya memiliki blog yang fokus dengan salah satu tema / kategori namun ngga memaksa alias memiliki passion di tema tersebut.

3. Facebook
Sepengamatan saya, saat ini sih masih banyak mereka yang belum memaksimalkan akun facebook mereka untuk bisnis dan satu faktor yang pastinya karena mereka memang tidak mau bisnis :p

Namun beberapa kalangan memanfaatkan sosial media untuk mendapatkan sesuatu melalui facebook. Dalam hal ini sangat erat hubungannya dengan bisnis Jual Beli online. Dengan facebook kita dapat menaruh foto produk kita sekaligus dengan deskripsi barang tersebut selengkap-lengkapnya karena di facebook sendiri ngga memiliki batas jumlah karakter / huruf.

Sebagian kalangan juga menilai, berbisnis dengan facebook adalah salah satu langkah yang paling murah.

Sebenarnya masih banyak sosial media yang dapat di gunakan untuk mendapatkan sesuatu tersebut. Akan tetapi yang menjadi inti semua itu adalah relasi yang harus terus kita jaga dengan baik dan juga selalu menyajikan pembahasan atau konten yang baik dan juga positif untuk orang lain.

Think Before Posting and Safety your Riding

sumber foto : google

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Memanfaatkan Sosial Media Untuk Mendapatkan Sesuatu"

  1. Untuk menjawab yang nomor 2 (Blog), jika membutuhkan domain/hosting, bisa hubungi atau langsung saja ke PANDEHOST atau inbox fb, atau twit, atao bbm juga boleh lah khusus buat boss Alfan.. :)

    BalasHapus