Kenali Sejak Dini Penyakit Tiroid

tiroid, penyakit tiroid, gondok, kelenjar tiroid
Kenali Sejak Dini Penyakit Tiroid

7 dari 10 orang di Indonesia ternyata banyak yang tidak mengetahui gejala-gejala penyakit tiroid karena pada dasarnya penyakit tiroid memang sulit untuk diketahui. Hal tersebut dikarenakan gejala tiroid hampir sama dengan penyakit lainnya.

Data tersebut dipaparkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam rangka International Tyroid Awareness Week 2017 sekaligus memperingati hari Tiroid Internasional yang jatuh pada tanggal 25 Mei 2017 guna meningkatkan Kesadaran masyarakat akan pentingnya memperhatikan penyakit Tiroid.

Tiroid bukanlah suatu penyakit. Pada dasarnya adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting dalam kehidupan, terutama dalam metabolisme tubuh manusia.

Mengenal Tiroid

Tiroid adalah kelenjar endokrin yang berbentu menyerupai kupu-kupu dan memproduksi hormon yang mempengaruhi kerja setiap sel, jaringan dan organ tubuh lainnya. Pada anak-anak, hormon ini berfungsi untuk tumbuh kembang anak dan juga otak.

Jadi tiroid sejatinya bukanlah penyakit. Hanya saja sebuah kelenjar yang memiliki pola kerja yang harus seimbang. Karena bila tidak seimbang ia akan mengalami gangguan Hipertiroid atau Hipotiroid.

Hipertiroid

Dimana kondisi tiroid terlalu aktif menghasilkan hormon tiroid akibatnya secara fisik akan menimbulkan benjolan pada daerah tiroid dan sering terjadi pada laki-laki di semua usia. Biasanya hipertiroid turunan dari keluarga.

Hipotiroid

Terbalikannya dari hipertiroid, hipotiroid adalah kekurangan hormon tiroid sehingga akan mengganggu metebolisme tubuh karena organ tubuh atau pun sel tubuh yang lainnya juga kekurangan hormon ini. Bila tidak segera di obati maka gejala hipotiroid akan meningkat.

Kenali Ciri-cirinya

Dari kedua gangguan tiroid tersebut memiliki ciri-ciri gejalanya. Untuk mengantisipasi dampak dari gangguan tiroid ini baiknya perhatikan ciri-ciri dari gejala tiroid seperti berikut :

Penampilan Fisik

Gejala gangguan tiroid bisa dilihat dari penampilannya seperti dari perubahan berat badan yang tiba-tiba meningkat / turun padahal pola makan normal, kulit yang selalu kering di kondisi cuaca bagaimana pun, pada penderita penyakit hipertiroid memiliki kadar keringat yang berlebih.

Untuk yang mengalami hipotiroid/hipertiroid mereka akan mengalami kerusakan rambut seperti rambut menjadi kasar, kering, dan mudah rontok. Mata pun menjadi kering seperti ada pasir di mata dan menimbulkan rasa perih.

Perasaan

Rasa letih pastinya pernah dirasakan oleh semua orang terutama setelah melakukan sebuah aktifitas tapi pengidap gangguan tiroid akan merasakan letih yang berlebih. Selain itu, mereka juga akan merasakan sulit tidur, susah konsentrasi, kurang motivasi, sensitif (mudah tersinggung), cemas, dan adanya penurunan gairah seks.  

Perubahan pada tubuh

Ternyata selain fisik, bila mengalami gangguan tiroid akan mengalami pula perubahan pada tubuh seperti fungsi pendengaran, sistem pencernaan, jantung yang berdebar-debar, otot dan sendi yang mudah kram serta pada perempuan akan mengalami siklus menstruasi yang tidak stabil.

Gejala Lainnya

Hipertiroid :
- Mata yang menonjol            - Sesak nafas
- Buang air besar berlebih      - Sering tremor (gemetar)
- Intolerasi cuaca panas

Hipotiroid :
- Muka sembab                      - Konstipasi
- Lebih cepat lupa
- Intolerasi cuaca dingin

Dan faktanya gangguan tiroid dapat dialami oleh semua usia tidak terkecuali oleh anak-anak yang akan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Namun ada beberapa cara untuk mengetahui gejala-gejala gangguan tiroid sejak dini yang diantaranya dengan melakukan Skrining Hiportiroid Kongenital (SHK) sejak bayi berumur 48 - 72 jam di rumah sakit dan untuk mencegahnya bisa dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung iodium (garam beriodium) atau makanan laut.

Permasalahan Tiroid Di Masyarakat

Selain ketidak tahuan masyarakat tentang tiroid ada satu masalah yang sering menjadi kendala untuk mengetahui kepastian tentang tiroid yaitu mahalnya biaya pemeriksaan tiroid di Rumah sakit. Itu pula yang menjadi pembahasan penting dalam acara International Tyroid Awareness Week 2017. Di kesempatan itu kemenkes menjamin adanya perubahan biaya pemeriksaan tiroid yang lebih terjangkau.

Selain itu kemenkes juga menjamin melalui program Indonesia Sehat, kini masyarakat bisa melakukan pemeriksaan tiroid melalui puskesmas terdekat.


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Kenali Sejak Dini Penyakit Tiroid"

  1. info bermanfaat, secara bnyk yg gak ngeh penyakit tiroid ini.....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, dan semakin peduli dg penyakit ini

      Hapus
  2. adik saya dulu jg sempat kena tiroid...alhamdulilah sekarang kok hilang...info yg bermanfaat ni mas...tx

    BalasHapus
  3. untung saya teh maen ke blog sukeren ini, dapet suguhannya soal penyakit tiroid yang wajib tak pahami penyebabnya buat jaga jarak gituh deh
    haturnuhun ah elmu-na

    BalasHapus