Special Perform Palestine national Orchestra



Jakarta 30 Maret 2013, music orchestra klasik tersaji disebuah aula Simfonia yang terletak dikawasan Kemayoran Jakarta. Acara ini merupakan sebuah konser amal dari The Palestine National Orchestra (PNO) yang bertujuan menghimpun dana melalui penjualan tiket untuk pengembangan sekolah-sekolah musik di daerah timur tengah terutama di Palestina.

The Palestine National Orchestra (PNO) merupakan mega proyek yang dibentuk oleh Edward Said National Conservatory of Music di Palestina. PNO terdiri dari banyak musisi dan pengajar music professional mancanegara terutama dari negara timur tengah.

Kemarin malam merupakan pengalaman yang tidak bisa dilupakan, pasalnya ini merupakan pengalaman pertama saya untuk menyaksikan secara langsung pertunjukan orchestra musik klasik kelas dunia. Meski saya datang pada saat istirahat alias terlambat tiga puluh menit pertama namun setelah itu saya disambut hangat oleh Wissam Boustany yang merupakan peniup alat musik Flute professional dan memiliki banyak penghargaan. Dia memainkan alat musiknya dengan beberapa nada-nada melodi yang diantaranya melodi oriental dan juga timur tengah dengan sangat energik.




Setelah itu saya pun disuguhkan dengan penampilan dari PNO yang dipimpin oleh konduktor orchestra yang bernama Matthew Coorey. Dia seorang konduktor yang sangat professional dan berpengalaman di banyak kelompok orchestra di eropa. Dengan alunan tangannya, beliau berhasil menciptakan harmonisasi nada dari berbagai alat musik yang ada hingga membuat para penonton terkagum.

Dalam acara itu hadir pula soprano asal Paris Prancis yang bernama Mariam Tamari, dia telah mampu menyanyikan sebuah music klasik eropa dan yang saya sangat takjub ketika dipenampilan dia yang kedua dan akhir konser dihari pertama, dia mengenakan kebaya hijau khas Indonesia dan menyanyikan sebuah lagu nasional Tanah Airku dengan khas nada tingginya yang diiringi oleh The Palestine National Orchestra.

Dan saya pun bangga karena ada tiga musisi professional Indonesia yang turut serta dalam rombongan Orchestra yang dipimpin oleh Matthew Coorey seperti halnya Rama Widi pada alat musik Harpa, Adi Nugroho dan Michelle Siswanto pada alat musik biola.



Acara yang rencananya akan di gelar sebanyak dua hari pada tanggal 30-31 Maret 2013 ini dihadiri pula oleh ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, Dwiki Dharmawan, dan Kedutaan Palestina untuk Indonesia.

Diakhir acara saya pun menyempatkan diri untuk berfoto dan sedikit berbincang dengan salah satu violin yang bernama Michelle Siswanto di lobby. “ Acara ini lebih bertujuan untuk memberitahukan kepada dunia terlebih Indonesia bahwa Palestina ditengah peperangannya masih memiliki musisi-musisi berkualitas “ ujar Michelle saat saya menanyakan tujuan acara yang sebenarnya. Dengan senyum manisnya, dia juga berharap Indonesia yang damai dapat memiliki kelompok orchestra yang tidak kalah luar biasa dari PNO.



Dan saya juga berharap dengan adanya acara yang di dukung oleh Addie MS, PT Agate Indonesia Selaras, dan Kedutaan Palestina seperti ini dapat menciptakan suatu gebrakan para komposer Indonesia untuk membuat sebuat acara orchestra yang lebih spektakuler yang menggabungkan alat musik modern dengan alat musik tradisional secara Indonesia merupakan negara dengan berbagai ragam seni dan budayanya.


Promosi : untuk teman-teman yang tidak menyaksikan di hari pertama, hari ini tgl 31 Maret 2013 merupakan hari ke-2 dan terakhir dari konser Palestine National Orchestra (PNO). Tiket dapat di beli di www.raja karcis.com atau menghubungi info@agateconvex.com dan 0818744055. J


Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Special Perform Palestine national Orchestra"

  1. Reportase yang keren, pembaca serasa ada diajak kesana :)
    Upaya Palestina benar2 gigih dalam segala hal, patut kita dukung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas apresiasinya, aku belajar banyak dari komunitas :)

      Hapus
  2. Alfannn : kerennn bangett, eh itu pak Din lagi bisik2 apa sama rekan beliau? :P

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Ganteng ? makasih, tau ya klo aku ganteng

      Hapus