Mengganti template dengan mudah

Udah lama saya tidak singgah di blog ini terlebih ketika saya menemukan suatu portal lokal yang memiliki komunitas yang aktif hingga tanpa sadar terbuai saya dibuatnya. Saya pun lebih sering update di portal lokal tersebut dengan segala kelebihan dan keasikannya. Berbagai teman dan pengalaman tentang dunia perBloggingan pun saya dapat dari sana.

Ya! blog ini adalah yang pertama kali saya buat dengan sedikit paksaan atas tugas dosen sewaktu kuliah. 
Mengingat kembali kenangan membuat blog pertama kali disini saya pun mencoba untuk meng-otak atiknya lagi terlebih blogspot / blogger ini memiliki akses untuk mengganti atau modifikasi keseluruhan isi dan tampilan blognya. 

Yang pertama kali saya ganti ialah template, langkah ini saya ambil karena blog saya sebelumnya memiliki tampilan yang sangat jadul dan membosankan.

Untuk itu saya pun mencari bentuk template blog yang lebih menyenangkan dan pilihan itu jatuh pada jenis majalah (magazine). kenapa ? karena rencananya blog ini akan saya aktifkan kembali dengan isi yang informatif dan tidak terkesan kaku saat orang membacanya maka jatuhlah pilihan template blog yang saya dapatkan dari NewBlogThemes untuk saya gunakan sebagai template blog ini.

Tampilan awal template ini sudah cukup baik dengan warna jingga #fe6602 seperti warna pada nav icon blogger namun masih kurang serasi dengan warna bawaannya maka saya menggantinya dengan warna lain yaitu biru #3399ff yang merupakan warna pada nav icon google.

Pada dasarnya pemilihan template ini karena merasa jatuh hati dengan tampilan slide yang ada di template ini sendiri, dengan ketidak puasan saya pun mengganti beberapa settingan dasarnya agar lebih menarik. Masih belum sempurna tampilan blog ini pun akan terus diperbaharui seiring dengan isi konten-konten yang lebih bermanfaat untuk semua yang singgah di blog ini.

Memang agak sulit untuk menggonta ganti tampilan blog ini terlebih bagi orang awam yang tidak mengerti bahasa pemprograman web seperti Html / PHP, akan tetapi hal tersebut tidak perlu ditakutkan karena sudah banyak sekali cara-cara untuk memodifikasi blog seperti ini di mesin pencari.

Begitu juga dengan pengalaman saya yang meragukan kemampuan untuk mengutak-atik blog ini terlebih untuk mengganti template ini. Sedikit share dari pengalaman ini ternyata untuk mengganti template ini ada beberapa langkah kecil yang harus kita lakukan diantaranya :

Cari bentuk / contoh template yang akan kita gunakan, untuk bentuk-bentuk sudah sangat banyak di mesin pencari seperti google dengan kata kunci template saja mesin ini dapat memberikan ribuan referensi penyedia template. Tapi perlu diperhatikan dalam hal ini ada beberapa penyedia template berbayar tapi banyak juga yang gratisa dan untuk keperluan blog ini untuk saya cukup yang gratisan karena yang gratisan pun dapat dimodifikasi sedemikian rupa sesuai keinginan kita.

Unduh / Download kode template tersebut, biasanya setelah didownload file ini akan terbentuk dalam paket .rar / .zip

Setelah terdownload selanjutnya adalah unggah / upload file .xml yang terdapat dalam paket download tersebut dengan cara, login ke blogger/ blogspot lalu masuk kedalam dasboard seperti contoh gambar no.1 kemudian pilih opsi yang berada di kanan atas bertuliskan cadangkan / pulihkan seperti contoh gambar no.2



Didalam jendela yang berasal dari opsi cadangkan / pulihkan akan ada beberapa pilihan lagi download dan upload seperti gambar berikut


Bila merasa yakin dengan template yang akan digunakan maka dapat langsung di uploade file template .xml yang telah didowload sebelumnya. Dan bila merasa kurang yakin maka kita punya kesempatan untuk mendownload terlebih dahulu template yang kita gunakan saat ini sebelum diganti guna mengembalikan lagi template kita bila ada ketidak puasan sama template baru.

setelah file .xml di pilih dan ditaruh maka selanjutnya tinggal unggah / upload maka beberapa saat kemudian template kita akan berubah menjadi template baru yang kita pilih.

sekian tips merubah template blog yang pernah saya lakukan.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengganti template dengan mudah"

Posting Komentar