SPG sebagai pendongkrak penjualan


Berbagai cara digunakan untuk meningkatkan penjualan dalam dunia perdagangan mulai dari inovasi produk yang didagangkan hingga memberikan berbagai penawaran seperti halnya memberikan pembayaran dengan cara diangsur alias cicilan kredit bahkan potongan harga besar-besaran. Seiring perkembangan teknologi membuat segalanya lebih mudah terutama dalam hal promosi, hampir seluruh perusahaan kini menggunakan teknologi sebagai wahana promosi mereka tidak terkecuali media sosial. Tidak hanya itu, beberapa perusahaan juga turut mengikut sertakan komunita-komunitas dalam promo, sebagai contoh tujuan adalah komunitas blogger yang memang berhubungan langsung dengan hal tulis menulis terutama review

Meski media promo kian mudah namun tidak semata-mata mereka meninggalkan cara promosi konvensional seperti menyebar flayer, brosur, memasang iklan di televisi dan radio serta turut berpartisipasi dalam ajang pameran produk sejenis. Didalam pameran tidak hanya kualitas, design brosur yang menarik, dan beberapa penawaran diskon untuk menarik minat para calon pembeli, mereka (penjual) juga seringkali menempatkan beberapa karyawan-karyawan mereka yang menarik dalam segi penampilan atau pun mereka menyewa jasa SPG (Sales Promotion Girl) dari para agency seperti yang dilakukan para APM di pameran IIMS 2013.

Bisa dikatakan setiap tahunnya pameran IIMS ini selalu berisikan SPG cantik di setiap booth APM yang memamerkan produk anyarnya seperti yang gue dapat di lokasi tersebut di IIMS 2013.








Hampir keseluruhan para spg tersebut dapat dibilang ramah terhadap para pengunjung meskipun bukan dalam katagori sebagai pembeli produk dimana para spg tersebut berdiri. Dengan beberapa pengetahuan yang dia pelajari dihari sebelum mereka terjun kepanggung pameran, sebisa mungkin mereka menjawab pertanyaan mengenai produknya.





Tidak hanya menjawab pertanyaan dari para pengunjung, mereka juga sering kali mencoba menarik minat pengunjung untuk singgah ke booth yang mereka tempati seperti yang terjadi diatas booth mobil konsep produk dari astra daihatsu motor seorang spg cantik berlenggak-lenggok disekitar mobil berwarna kuning dengan pose manis ala model profesional.




Begitu juga dengan APM Suzuki yang membuka hari dengan penampilan para sales promotion girlnya menari-nari diatas booth dan yang menarik ada salah satu spg suzuki yang menurut gue sedikit mirip dengan giselle anastasia, lho! doi menari dengan sedikit senyuman malu-malu saat gue arahkan kamera ke dirinya.. cukup menarik :)










Meski dari mereka memang buka dari dunia modeling namun dengan wajah cantiknya ditambah dengan senyum kecilnya yang manis sudah dapat menarik perhatian para pengunjung di dalam pameran yang kemungkinan juga dapat menarik pengunjung untuk mengetahui lebih lengkap mengenai produk tersebut hingga terjadinya transaksi, dan hal tersebut dapat dikatakan sebagai salah satu keuntungan dalam menggunakan jasa para spg tersebut.



Namun tidak semua spg dapat dihandalkan dalam hal menarik perhatian pengunjung disebuah pameran, seperti yang gue temui saat singgah di sebuah APM Jaguar berwarna merah terdapat pula seoran spg dengan gaun berwarna merah pula. Di booth ini gue rada jengkel dengan kelakuan satu spg ini, seolah dia dibayar hanya untuk berdiri disamping mobil mewah berwarna merah saja sedangkan beberapa pengunjung menunjukan minat terhadap produk mobil yang dipamerkan namun tiada sambutan dari sang spg tersebut tidak seperti halnya di booth lainnya. Begitu pula ketika gue mencoba untuk mengambil gambar sang spg tersebut namun tidak sekalipun dia melihat kamera, rasa jengkel itu juga dirasakan oleh pengunjung lainnya yang mencoba mengambil foto dia. 




Entah apa yang dilakukan oleh perempuan diatas ini saat gue minta ijin untuk foto dirinya tiba-tiba dia mengalihkan perhatiannya ke lengan kirinya seakan ada lalat yang ter-pleset saat hinggap ditangannya :D








Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "SPG sebagai pendongkrak penjualan"

  1. suuuuuuueeeeeggeerrrr re rek :D

    BalasHapus
  2. Mulus mulus sih... tp sayangnya ga boleh dipegang.. :/

    BalasHapus
  3. hahaha ente dikira stalker kali :3 don't take it personally, cewe cantik kalo sombong itu kan bukan berita baru lagi.

    eniwei SPG yang pakai gaun merah itu bukan kayak SPG, tapi kayak orang yang mau beli -_- gak matching deh.

    BalasHapus