4 musisi dunia dengan Narkoba


drugs

Selinting Ganja Ditangan ..
Aku hisap perlahan2 itu memang kesukaan ku, itu memang gaya hidupku..
Apa bila ku mati nanti kuburan ku diladang ganja, kain kafan ku dari kain levis, batu nisan ku dari botol wis**..
[*]
Hei kawan.. Aduh2 sialan, Aduh sialan, kamu sialan..
Anak dijalan, mata duitan, mata duitan, kamu sialan..
Sesampainya diliang kubur, ditanya ma malaikat, sapa tu*** ? sapa na***? apa ki***? dan sapa teman mu?..
Kemudian aku menjawab Tu*** petani ganja, Na*** pengedar narkoba, Ki*** ku buku2 Po***..
Apa bila aku besar nanti, pacarku raja ekstasi..
Minum cho*** untuk kesehatan, main judi untuk ngasah otak..
Hisap ganja untuk pernapasan, main wanita untuk olahraga..
[**]
Hei kawan.. Diketung ngatang2 dicepong malarian..
it** kingkong, lon*** bajingan, harganya ribuan, mungkin ratusan, bahkan gratisan..
Bagai embun pagi, wajah mu oh dewi, gadis tanjung sari, RT no. siki..
Malam minggu malam resepsi, mau ngapel ke rumah putri..
Tapi malah putrinya gengsi, minta dijemput pake mersi..
***
Tau siapa pemilik lagu ini ? untuk siapa lagu ini ? dari mana inspirasinya ? Sangat amat jujur, saya tidak tahu sama sekali mengenai pemilik lagu ini, inspirasi dan tujuan.. 

hmm, kalau tujuan pasti ini sangat tidak bermutu dengan lirik yang slengean seperti itu, tapi satu hal yang saya ingat bahwa lagu tersebut sudah saya dengar saat duduk di bangku SMP yakni sekitar tahun 2000an. 

Di tempat tongkrongan lagu itu selalu berbunyi menemani dinginya malam dengan segelas kopi. Pernah saya bertanya tentang asal usul lagu tersebut, tapi sering kali saya mendapatkan jawaban yang berbeda antara Dlloyd, Panbers, dan Iwan Fals. Tidak ada yang berani memastikannya dan berpatokan pada kata “kalo ngga salah”. Lagu itu sangat akrab untuk mereka (abang) yang usianya jauh diatas saya alias lebih tua dari saya.

Tapi yang saya heran, saat mencoba mencari tahu lagu tersebut ternyata ada yang menyanyikannya kembali dengan irama musik ukulele dengan suara anak-anak yang mengatas namakan punk rock jalanan.

Bukan mengenai siapa dan oleh siapa lagu itu dibuat dan dinyanyikan tapi mengenai lirik yang terkandung di dalam lagu tersebut seakan apatis terhadap sebuah kampanye Anti Narkoba. Lirik yang nyeleneh dan tabu bagi kalangan pelajar seperti saya di masa itu. Tapi narkoba dan perusak moral bangsa lainnya memang begitu nyata di kalangan para musisi.

Sejak dulu banyak musisi yang terjerumus oleh narkoba dan sejenisnya bahkan ada yang hingga tewas mengenaskan seperti para musisi manca Negara berikut ini :

1.      Brian Jones
Jones merupakan salah satu pendiri band Rolling Stone yang digawangi oleh Mick Jagger, dan kawan-kawan. Jones meninggal tenggelam di kolam renang tempat tinggal beliau dan hasil otopsi yang ada terdapat kerusakan hati dan jantung akibat narkoba dan alcohol. Sebelumnya Jones juga kerap harus berurusan dengan pihak kepolisian dan imigrasi terkait kasus narkobanya.

2.      Jim Hendrix
Hendrix salah satu musisi yang terbilang sangat berpengaruh, termasuk saya yang juga mengaguminya. Percaya atau tidak, Hendrix juga seorang musisi yang pernah berkarir di dunia militer, tapi karena hobinya yang menggunakan narkoba ia harus menerima pemecatan atas dirinya. Na’as untuk Jim Hendrix harus tewas karena tersedak saat mengkonsumsi minuman keras.

3.      Jim Morrison
Tidak jauh berbeda dengan dua musisi sebelumnya, Jim Morrison yang berada di urutan 47 dari 100 musisi terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone ini juga tewas karena overdosis narkoba di bak mandinya. Jim Morrison juga terkenal sebagai penulis puisi dan buku puisinya sempat di terbitkan.

4.      Kurt Cobain
Siapa yang tidak kenal dirinya ? musisi legendaries dalam lingkup genre ‘Grunge’. Ya! Kurt Cobain adalah vokalis dari band Nirvana yang sukses dengan single album pertamanya yang berjudul Nevermind dengan lagunya Smell Like Teen Spirit.

Dirinya juga tewas mengenaskan karena narkoba. Menurut cerita dari para fans nya, mereka bercerita bahwa sebelum ia manggung pasti menggunakan heroin terlebih dahulu.

Menjadi artis dan terkenal membuat banyak dari mereka terjerumus ke dalam dunia narkotika, diantara mereka pun ada yang pernah melakukan rehabilitasi pengguna narkoba namun lingkungan yang mempersulit untuk sembuh melainkan kembali untuk menggunakan narkoba hingga menemui ajal mereka. 

Alangkah baiknya bila seorang artis lebih berhati-hati lagi dalam pergaulannya karena mereka menjadi seorang  public figure yang selayaknya memberikan contoh yang baik untuk mereka yang mengagguminya. Mereka hanyalah sedikit contoh dari penyalahgunaan narkoba  yang sesungguhnya masih banyak lagi para musisi yang menggunakan narkoba.



Seringkali order manggung para musisi kerap dijadikan alasan mereka menggunakan narkoba dengan dalih sebagai pendukung stamina mereka dan sering juga dijadikan sebagai penambah percayaan diri saat berada di atas panggung pentas. Sebenarnya profesi sebagai musisi memang sudah sewajarnya dituntut untuk memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi meski tanpa narkoba.
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 musisi dunia dengan Narkoba"

Posting Komentar