IMA 2013 Youth in Action : Shaping the Future

MDGS Youth Forum

" Yang muda yang berprestasi "

Itulah sekilas pandang di mata saya pada sebuah rangkaian acara IMA2013 yang terjadi pada sabtu, 15 Maret 2014 lalu di Djakarta Theater. IMA 2013 adalah sebuah ajang penghargaan Indonesia Millennium Development Goals (MDGs) Awards yang telah berjalan sepanjang tahun 2013 lalu. MDGs itu sendiri adalah komitmen untuk mencapai dan meningkatkan kesejahteraan rakyat serta memberi kontribusi kepada kesejahteraan masyarakat dunia yang telah di canangkan oleh lembaga dunia pada tahun 2000.

MDGs terkait dengan 8 objek pencapaian pembangunan bangsa yang diantaranya :
  1. Menghapuskan kemiskinan yang ekstrim dan kelaparan.
  2. Memenuhi kebutuhan pendidikan dasar.
  3. Mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.
  4. Mengurangi angka kematian anak.
  5. Meningkatan kualitas kesehatan ibu.
  6. Memberantas HIV/AIDS, malaria, dan beragam penyakit lainnya.
  7. Menjamin keberlanjutan lingkungan hidup.
  8. Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.
Delapan objek tersebut tersebar merata berdasarkan kebutuhan dalam pemetaan yang telah disusun oleh pemerintah melalui Kantor Utusan Khusus Presiden RI.

Nila Moeloek
prof.Dr.dr.Nila Moeloek
IMA2013
Diah Saminarsih

Dan IMA 2013 merupakan ajang penghargaan yang ketiga kali dengan sebelumnya telah dilakukan pada tahun 2011 dan juga di tahun 2012, hal ini seseuai dengan instruksi Nomor 3 Tahun 2010 tentang Pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium (TPM) di Indonesia.

Dari ajang IMA2013 ini terdapat 443 peserta dari seluruh penjuru nusantara yang masuk kedalam meja panitia, data tersebut didapat dari pendaftaran peserta baik melalui online dan pengiriman via pos. Peserta tersebut terdiri dari 4 kelompok berbeda yang diantaranya adalah Pemerintah Kabupaten / Kota, Organisasi Masyarakat, Organisasi Pemuda dan akademisi, dan Swasta.

Masing-masing kelompok tersebut fokus di beberapa bidang seperti bidang Kesehatan Ibu dan Anak, Bidang Nutrisi, Bidang Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS dan Penyakit menular lainnya, Bidang Akses air Terhadap Air Bersih dan Sanitasi Dasar, serta Bidang Pendidikan.

Bertemakan "Youth in Action : Shaping the Future" bertujuan untuk mengajak kaum muda untuk turut serta berpartisipasi secara langsung dalam pembangunan bangsa ini dan untuk menjaga komitmen para peserta, pihak panitia dan juga dewan juri menambahkan beberapa poin dalam penilaiannya yang diantaranya Mengenai Kemitraan, Kepemimpinan, dan juga Tata kelola Program.

" Kami ingin para finalis berkomitmen dan konsisten atas program-programnya, untuk itu kami memberikan kesempatan dan akses seluas-luasnya untuk bertemu dengan para pemimpin dan pembuat kebijakan, menjalin kemitraan dan berkolaborasi serta membangun jejaring baru " ujar Diah S.Saminarsih selaku ketua panitia IMA2013.


Nilam Moeloek MDGS
Prof.Dr.dr. Nila Moeloek

Adapun poin-poin lain yang menjadi penentuan penilaian adalah Nilai Kreatifitas dari masing-masing program, Orisinilitas ide program, Pengkajian yang mendalam dari program, Keluasan pengembangan dari program, dan Manfaat program terhadap aspek masyarakat yang ada disekitar program dari masing-masing kelompok.

Namun ketika ditanyakan kepada Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek disaat Konferensi Pers mengenai masa depan program dari MDGs ini belum dapat memastikannya karena program ini merupakan inisiatif presiden yang saat ini sedang menjabat yakni bapak Susilo Bambang Yudhoyono. "Kita lihat saja nanti, lanjut apa tidaknya setelah pemilu presiden " jawab Nila Moeloek tersebut.

Menurut saya pribadi, sangat disayangkan bila program yang bagi saya sangat penuh inspirasi dan semangat pembangunan bangsa ini harus terhenti dan bahkan hilang. Justru sebaliknya hal ini perlu ditingkatkan dan diperbanyak lagi penghargaan-penghargaan bagi Pelita Nusantara yang bertekad aktif serta dalam pembangunan.

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "IMA 2013 Youth in Action : Shaping the Future"

  1. Tadinya mau hadir ke acara ini dengan berangkat hari Jumat dari Bandung, tetapi ternyata tidak bisa karena harus mengurusi keluarga dulu. Amat disayangkan tidak bisa hadir -_-

    But foto2nya keren ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini acara mesti daftar sebulan sebelumnya dulu bang :(

      makasih udah mampir :)

      Hapus
  2. oh iya gua tau Djakarta theater, dulu gua pernah kesitu, dan itu reward pertama gua selama ngeblog sekarang, walaupun cuma juara 4. ngomong-ngomong tentang HIV, gua dukung banget tuh hal itu, bener-bener harus di pelajarin bener-bener sama anak jaman sekarang, jadi bukan cuma berbuat, tapi tau akibat nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lo ikutan IMAwards juga ?
      wow, keren dong

      Hapus
  3. Semoga programnya bisa diaplikasikan langsung di masyarakat :)

    BalasHapus
  4. jujur, sampai sekarang saya masih belum paham apa itu MDGs. Harus lebih banyak belajar nih. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. MDG = Millenium Development Goals yaitu Misi pencapaian pembangunan yang di mulai dari tahun 2000 hingga 2015.

      Presiden Indonesia membuat IMA Indonesia MDGs Awards untuk meng-apresiasikan mereka yg bergerak langsung dalam pembangunan negara

      Hapus