Jurnalisme Warga Kian Diperhatikan

blogger dan tempo

Maraknya masyarakat yang peduli terhadap penyebaran informasi yang terjadi di sekitar lingkungannya atau biasa dikenal dengan jurnalisme warga kian diperhatikan oleh beberapa kalangan terutama bagi media-media besar karena kian mudah dan cepat mendapatkan berita.

Oleh karena itu, Mereka (baca: Media) juga termotivasi  untuk menyajikan sebuah kanal khusus untuk jurnalisme warga baik secara tertulis maupun berupa video kejadian sebenarnya. Di dalam awal tahun ini sudah terdapat dua media yang menyediakan hal tersebut.

Yaitu SCTV dengan citizen6 (baca: citizen six) dan dari Tempo.Co dengan Indonesiana (http://indonesiana.tempo.co/).

Bagi Wahyu selaku redaktur pelaksana dari Tempo.co yang dijumpai dalam acara diskusi antara blogger dan tempo.co mengatakan saat ini pihak tempo sedang berupaya untuk untuk menyatukan perbedaan antara redaksi dengan blogger maupun warga yang antusias untuk berbagi informasi.

Dengan Indonesiana,  diharapkan masyarakat semakin banyak mendapatkan informasi yang aktual dan dapat dipertanggung jawabkan yang berasal juga dari masyarakat lainnya dan bukan hanya melalui redaksi saja.

Didalam diskusi itu juga kami berkesempatan untuk melihat sistem dari blog jurnalis warga tersebut dan yang uniknya di dalam indonesiana ini, masyarakat akan mendapatkan bimbingan atau tutorial untuk membuat tulisan yang berkualitas seperti jurnalis pada umumnya dan mendapatkan seleksi tulisan yang aktual dan terpercaya agar dapat masuk kedalam Headline Indonesiana.

Dalam kelebihan tentu terdapat kekurangan diantaranya bentuk template yang statis untuk saya sendiri kurang memuaskan karena kita tidak dapat mengatur template kita sendiri seperti yang kita inginkan dan kita juga tidak dapat menempatkan adsense didalam blog kita.

Seperti yang dijelaskan tentang tujuan dari diskusi yang tertulis dalam undangan acaranya pun bermaksud untuk menerima masukan dari para blogger yang datang pada saat itu. Di setiap sesuatu yang baru tentu perlu adanya masukan ide untuk menyempurnaannya, terbukti dari masukan dan ide dari beberapa blogger dapat sedikit mengubah tampilan.

Memang sudah banyak media serupa yang menyajikan layanan konten berbasis jurnalisme warga, namun beberapa media sudah terdapat campur tangan pihak politik tertentu yang mengakibatkan banyak berita yang monoton dan memihak. Berharap adanya Indonesiana dapat menyajikan informasi warga yang netral tanpa memihak politik seorang.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Jurnalisme Warga Kian Diperhatikan"