Provider Kuning Yang Bersahabat


Stasiun satelit Palapa
Foto bersama di stasiun pengendali satelit Indosat

Dari pertama saya mengenal dan menggunakan telpon genggam alias handphone, si kuning telah akrab menjadi provider favorit kurang lebih sejak 2006 atau 8 tahun yang lalu. Bagi saya, si kuning sudah bagai sahabat dalam dunia komunikasi saya, dia yang menyatukan silaturahmi saya dengan banyak orang yang jauh dan ngga mungkin untuk dijumpai dalam waktu yang singkat.

Saya menggunakannya pertama kali di nomor 0856xxxxx namun di tahun 2008 atau awal saya masuk dunia kuliah terdapat musibah dimana handphone saya di rampas di metromini menuju kampus. Alhasil seluruh nomor kontak saya pun turut hilang. Takut hilang pula hubungan silaturahmi saya dengan beberapa saudara, teman, dan keluarga, saya pun segera bergegas untuk klaim nomor tersebut kembali.

Mudah alias Gampang sekali prosesnya. Meski Hp hilang tapi nomor telponnya masih bisa kita gunakan lagi selama ada nomornya jadi saya ngga khawatir. Yaa! Langkahnya cukum mudah sekali, yaitu datang langsung ke gerai Indosat yang saat itu saya datang ke daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara tapi di gerai itu mengatakan bahwa nomor yang saya cari ngga ada disana dan saya langsung di rujuk ke gerai Pemuda.

Gerai Indosat tersebut berada di Jalan Balap sepeda, Pemuda – Jakarta Timur. Diawal saya ditanya tujuannya apa dan saya jawab untuk klaim nomor telpon saya yang hilang. Saya pun langsung disambut dengan mengisi surat keterangan yang tersedia terlebih dahulu dan beberapa menit di ruang tunggu antrian saya dipanggil.

Menunjukan surat keterang tersebut dan juga menunjukan surat kehilangan meski ngga diminta oleh pihak operator. Di Surat keterangan indosat terdapat pertanyaan 10 nomor telpon yang sering dihubungi. 10 nomor telpon keluarga terdekat. Alhamdulillah, nomor telpon yang saya cari tersedia dan  saya berhak memiliki nomornya lagi. Silaturahmi pun terjalin kembali.

Serunya ketika saya bersama teman-teman datang ke lokasi Gedung Satelit Palapa di Jatiluhur Purwakarta pada tahun 2009 tepat 3 bulan sebelum diresmikan. Gedung tersebut diresmikan pada bulan Agustus 2009.

Stasiun pengendali satelit Indosat
dibawah satelit palapa Indosat

Disana saya bersama teman-teman semasa kuliah berkeliling lokasi itu. Sungguh luar biasa luasnya bukan main dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang oke punya. Apa yang ada disana menurut saya pengalaman yang luar biasa. Kita melihat dan menyimak satu persatu ruangan yang ada disana. Saya bersama teman-teman juga berkesempatan untuk melihat stasiun satelit yang ada, disana terdapat banyak stasiun.

Yang paling spesial, saya berkesempatan masuk kedalam ruang kendali satelitnya. Memang ngga semuanya bisa masuk alias terbatas. Disana terdapat banyak sekali komponen pengendali satelit yang diantaranya sebuah layar yang lebar tampak seperti dalam film-film mengenai luar angkasa.

Bukan sekedar masuk kedalam ruang pengendali saja, kita juga berkesempatan untuk mencoba segala fasilitas disana. Diantaranya ruang Gym untuk olah raga para staff yang berada disana. Disana juga kami mendengarkan beberapa paparan dari para staff ahlinya. Rencananya mereka (indosat red.) akan menggunakan kabel optik untuk menghubungkan jaringan hingga ke wilayah paling timur yaitu Papua melalui dasar laut.

Pusat pengendalian satelit indosat berada di daerah purwakarta samping wadung jatiluhur dan menurut saya sangat terisolir terlebih tempat tersebut ngga bisa di masuki oleh sembarang orang yang tanpa ijin. Tempat itu sungguh terjaga ketat dan tertutup.

Saya bangga Indonesia memiliki pengendali satelit seperti yang dimiliki oleh indosat. Hingga saat ini saya masih setia menggunakan provider ini karena hingga sekarang pula ngga ada kendala apapun yang saya alami. Mengenai kendala jaringan yang terjadi belakangan ini ngga begitu pengaruh juga untuk saya, toh itu terjadi cuma satu hari dan ditengah malam tapi siang harinya saya sudah bisa komunikasi kembali menggunakan provider ini kok. Saya sih berharap Indosat akan menjadi BUMN kembali dengan saham yang lebih besar dimiliki oleh anak bangsa ini agar menjadi kebanggaan yang tiada tara.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Provider Kuning Yang Bersahabat"

  1. Wah, keren... bisa liat2 pusat pengendalian satelit indosat. Btw, si kuning juga provider pertama saya. Cuma sekarang udah pindah ke si merah. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya sekarang pake kuning dan merah

      Hapus