Mengapa Uang Koin Bisa Mengapung di Atas Air

Review blog

Ilmu fisika terkadang menjadi suatu pelajaran yang sangat menjenuhkan dan membuat pusing kepala terlebih ilmu fisika memiliki segudang rumus-rumus dengan simbol tertentu tapi bila kita gemar mempelajarinya sama juga dengan kita gemar terhadap ilmu-ilmu alam karena fisika tersebut juga berasal dari bahasa Yunani yang memiliki 2 arti yaitu φυσικός (fysikós), "alamiah", dan φύσις (fýsis), "alam" (sumber : Wiki).

Pernah dengar cerita tentang buah apel yang jatuh dari pohon lalu menjadi suatu ilmu pengetahuan yang luar biasa ? Yaa, itu adalah kisah dari Isaac Newton yang terkenal dengan Hukum Gravitasi Newton yang memiliki rumus dasar F = G \frac{m_1 m_2}{r^2} = m_1 g dimana F adalah besar dari gravitasi dari kedua titik, titik awal dan titik jatuh benda.

Ribet yaa ? seperti yang dikatakan diawal, fisika memang memiliki rumus-rumus tapi pada dasarnya ilmu fisika adalah ilmu alam jadi dalam penerapannya hanya dengan melakukan pengamatan pada alam itu sendiri seperti yang dilakukan oleh Isaac Newton yang mendapat rumus tersebut dengan mengamati buah apel yang jatuh dari pohonnya saat ia sedang duduk di bawah pohon.

Sebenarnya belajar ilmu fisika itu asik dan menarik karena tidak hanya sekedar teori dengan rumus yang rumit dan pengamatan saja tetapi kita juga harus bisa membuktikannya melalui uji coba. Dan melakukan uji coba fisika sama halnya dengan bermain, terkadang beberapa reaksi dari uji coba tersebut seperti sebuah sulap.

Salah satu uji coba fisika pernah saya temukan disalah satu artikel dari sebuah website pribadi milik Ophiziadah yang berjudul PercobaanIlmiah Sederhana: Koin Mengapung di atas Air. Ternyata koin yang memiliki berat bisa mengapung di air tawar dengan hanya bantuan selembar tisu seperti sulap. Tentu saja hal itu terjadi karena adanya efek fisika yaitu karena adanya tegangan permukaan sehingga koin tersebut dapat mengapung.

Tulisan itu menurut saya adalah salah satu tulisan yang menarik dari sekian banyak tulisan lainnya yang bertemakan tentang liburan dan lainnya. Cukup sulit untuk menemukan tulisan itu di dalam blognya karena banyaknya tulisan yang tidak di organisir berdasarkan label dengan kata lain seluruh artikel masih campur aduk dan pengunjung sulit sekali untuk mencari artikel-artikel yang mereka cari.

Meski di kolom sebelah kirinya terdapat arsip artikel hal tersebut juga memaksa pengunjung untuk membuka satu persatu dalam tiap bulannya.

Tapi secara keseluruhan memberitahukan bahwa web yang ia bangun merupakan web travel yang ia tulis berdasar pengalamannya sendiri, tak hanya itu ia juga menuliskan beberapa tips tentang parenting dan juga beberapa artikel mengenai kuliner.

Dan perlu diapresiasikan untuk beliau yang merupakan seorang ibu rumah tangga dengan tiga orang anaknya mampun konsisten untuk tetap menulis dan menjadikannya sebuah hobi disela kesibukanya.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Mom of Trio 1st Giveaway

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Mengapa Uang Koin Bisa Mengapung di Atas Air"

  1. Makasih sudah berpartisipasi. Noted yaa.
    Silahkan daftarkan di kolom comment pengumuman GA dan share di twitter yaa.
    Good luck

    BalasHapus
  2. Waah secara sy orang sosial jadi agak2 mumet liat rumus2 fisika. Makanyabsy ga berani ulas lbh lanjut di blog. Makasih ya review n tambahan pengetahuannya.
    Makasih jg masukannya.
    Noted and good luck yaa.
    Jangan lupa share di medsos yaa

    BalasHapus
  3. Gk ada penjelasannya -_-

    BalasHapus