Bukan alasan tidak ada ide untuk menulis


Hampir sebulan lamanya blog ini tidak pernah diperbaharui dengan tulisan yang segar karena saat ini saya sangat tidak semangat untuk menulis lagi seperti sebelumnya yang dapat menulis dalam 1 minggu bisa diisi hingga sepuluh tulisan.

Sibuk bagi saya menjadi satu alasan, namun banyak teman-teman yang menolak menjadikan seseorang untuk tidak update lagi tulisannya. Karena kata mereka menulis blog saat ini bisa dilakukan dengan banyak cara terutama diera mobile seseorang dapat menulis melalui gadgetnya masing-masing.

Akan tetapi alasan saya yang sebenarnya adalah tidak adanya ide untuk ditulis terutama ketika banyak melihat teman-teman blogger lainnya selalu menuliskan tulisan yang hampir sama saya pun semakin kehabisan ide , apakah kalian merasakan hal yang sama ?

Kalau saja alasan kalian tidak adanya ide seperti yang saya rasa, berarti kalian adalah salah satu bagian orang yang malas untuk menulis. Dalam kesempatan buka puasa bareng kemarin bersama komunitas KK (kancut keblenger) dan salah satu penulis nasional yang pastinya sudah sangat kita kenal terlebih ia sering sekali tampil diacara komedi ILK sebagai notulen dan ia pun telah menciptakan banyak karya tulisan yang fenomenal dengan judul Re: dan juga Notulen Cakep 1dan 2 yaitu  bernama Maman Suherman saya mendapat jawabannya.

Dikesempatan itu ia menolak tentang tidak adanya ide untuk ditulis. Sebaliknya ia mengatakan bahwa ide ada dimana-mana seperti debu yang bertebaran disekitar kita. Dan saya pun sempat kaget bagaimana cara beliau dapat melihat ide tersebut secara detail seperti debu yang sangat halus.

Rejeki atau pun beruntung di saat itu ia pun tidak segan untuk membagikan tips untuk menemukan ide untuk ditulis. Dan pastinya tulisan ini pun akan membagikannya kembali untuk teman-teman lainnya tentang bagaimana caranya mendapatkan ide.

1. SENSITIF DAN PEKA TERHADAP LINGKUNGAN.
Seperti yang ia bilang bahwa ide bahan untuk menulis ada dimana-mana hanya saja kita harus sensitif dan peka terhadap segala sesuatu yang ada sekitar kita.

Semisal bila kalian tega, bisa saja menuliskan tentang curhatan sahabat yang sedang galau karena patah hati atau menuliskan tentang polemik politik yang sedang marak di televisi.

2. FOKUS DENGAN IDE DAN TULISAN.
Bila kita sudah menemukan ide, terkadang ide yang berada dikepala kita bisa hilang begitu saja dengan kondisi yang ramai disekitar. Untuk menghindari hal tersebut baiknya kita fokus untuk menuliskan ide tersebut dan mengabaikan kondisi sekitar untuk sementara.

Agar tidak terjadi gagal fokus bisa juga kita mencari tempat yang hening dan cara itu juga banyak dilakukan penulis-penulis lainnya.

3. ISTIRAHATLAH.
Bila kamu telah banyak memiliki ide dan menuliskannya dibeberapa media menulis sebaiknya kita istirahatkan sejenak pikiran kita dari tulis menulis karena dengan istirahat itu kita juga akan mendapatkan ide-ide menulis yang lebih banyak lagi. 

Tapi dari cara yang ketiga ini disarankan untuk beristirahat maka cukup tuliskan sedikit garis besarnya saja pada selembar kertas catatan dan teruslah lakukan istirahat agar pikiran segar kembali dan jangan lupa untuk melanjutkan tulisan dari ide-ide yang sudah terkumpul.

Dari ketiga cara agar kita selalu mendapatkan ide untuk menulis ini sudah terbukti olehnya dengan banyaknya ide-ide tulisan yang sedang kang Maman kerjakan di dalam tabnya yang senantiasa tulisan tersebut dapat tercetak ratusan buku di setiap bulannya selama sepanjang tahun.

Sangat indahkan bila semua buku tersebut tercetak dan kita tinggal menunggu royalti dari cetakan buku tersebut.

Foto dokumen pribadi :

Sesi berbagi ilmu dan pengalaman
dari Narasumber Kang MAMAN SUHERMAN



Nara sumbernya KK

Sesi buka puasa dan tanya jawabnya KK




Serius nyimaknya KK




Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Bukan alasan tidak ada ide untuk menulis"

  1. Oh, Juaraaaaa! :D
    Kita gak ngapdet blog ya karna gak ada niat aja, gak perlu banyak alasan kan sebenarnya.

    BalasHapus
  2. Dokumentasinya mantep ei... lengkap ^,^
    Aku malah nggak ada catetan bagian ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikel kamu juga lengkap, gimana kalo kita saling melengkapi aja ?

      Hapus
  3. Apdet dong alafan apdet dong....:D

    Semangattt

    BalasHapus
  4. iyah, sering nemu ide tapi abis itu lupa hahaha, kalo ak sih kadang2 suka bikin note ide di hape ntar kalo ada waktu baru dikembangin jadi tulisan #tapi lebih sering ga ada waktu hehehehe
    @my blog :D

    BalasHapus