Program Jemput Bola Kemenkes Dengan Nusantara Sehat


Narasumber : Maman Suherman, Diah dan Anjari Umarjianto

Nusantara Sehat merupakan satu dari banyak program pemerintah khususnya oleh Kementerian Kesehatan Indonesia yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Indonesia, program ini juga untuk mensinergikan program Kartu Indonesia Sehat dan Jaminan Kesehatan Nasional tahun 2015 - 2019 seperti yang dipaparkan oleh drg. Murti Utami selaku Kepala Pusat Komunikasi Kementrian Kesehatan RI saat acara Sahabat JKN di Jakarta bersama dengan Anjari Umarjianto selaku Kepala Opini Publik Pusat Komunikasi Publik Kementrian Kesehatan RI.

Dikesempatan itu Pusat Komunikasi Publik Departemen Kesehatan mengajak beberapa blogger bekerjasama untuk mensukseskan program ini untuk mengajak masyarakat berpartisipasi.

Apa itu Nusantara Sehat ?

Suatu program jemput bola dari Kementerian Kesehatan dengan cara membentuk suatu tim kerja relawan dari tenaga kesehatan yang nantinya akan ditempatkan kebeberapa desa-desa terpencil di Indonesia. Tim Nusantara Sehat akan dipilih dari bidang kesehatan profesional.

Program ini dibentuk untuk menjangkau dan meningkatkan kesadaran akan kesehatan masyarakat di daerah-daerah terpencil.

Bagaimana Cara Kerja Nusantara Sehat ?

Adalah dengan membagi tim yang terbentuk dari 9 (sembilan) formasi dari bidang kesehatan yang diantaranya :
  1. Dokter Umum
  2. Perawat
  3. Bidan
  4. Tenaga Gizi
  5. Tenaga Kesehatan Lingkungan
  6. Ahli Teknologi Laboratorium Medik
  7. Tenaga Kefarmasian
  8. Tenaga kesehatan Masyarakat
  9. Dokter Gigi
Yang kesemuanya adalah para profesional muda yang telah menyelesaikan masa pendidikannya. Hal tersebut dipilih agar tercapai 3 (tiga) tujuan utama dari JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yaitu peningkatan kesadaran kesehatan masyarakat, peningkatan fasilitas kesehatan, dan Akses fasilitas kesehatan.

Dari kesembilan bidang tersebut dibagi menjadi beberapa tim yang nantinya akan ditempati kebeberapa puskesmas daerah terpencil.

drg Murti Utami dari Puskom Kemenkes

Sasaran Nusantara Sehat ?

Sasaran utamanya adalah memberikan JKN ke pelosok-pelosok daerah tertinggal dengan target awal di 120 puskesmas di 44 kabupaten yang terbagi di daerah perbatasan dan daerah bermasalah kesehatan dan mencapai lebih banyak lagi diseluruh pelosok Indonesia. Dan di gelombang pertama pada bulan Mei 2015 sudah terdapat tenaga sukarelawan terpilih sebanyak 143 dari 6000 pendaftar yang terseleksi.

Untuk mencapai target tersebut, program ini terus berlanjut hingga kini yang telah terbentuk sukarelawan dari gelombang kedua yang berjumlah 605 peserta dari 12.000 pendaftar.

Mengapa Harus Bergabung Dengan Nusantara Sehat ?


Melalui program jemput bola Kemenkes dengan Nusantara Sehat memberikan para profesional muda dibidang kesehatan sebuah kesempatan untuk mengabdi kepada negara. Setiap anggota yang terpilih akan dibekali dengan materi bela negara, keahlian medis dan non-medis, serta pemahaman tentang budaya dimana mereka akan ditempatkan.

Dan yang paling penting adalah mereka akan mendapatkan pengalaman selama 2 (dua) tahun pengabdian. Waktu yang ditentukan berdasarkan kebutuhan untuk beradaptasi dan mengubah pola pikir serta kebiasaan buruk yang mempengaruhi kesehatan.

Blogger #sahabatJKN
Bagaimana Cara Bergabung Nusantara Sehat ?

Beberapa syarat diberikan seperti sudah adanya sertifikat kelulusan tenaga medis dari pihak atau instansi terkait dan yang pastinya memiliki kesehatan yang prima, dan mengikuti seleksi dari administrasi hingga seleksi psikotes.

Namun program ini dapat berjalan dengan adanya niat untuk mengabdi dan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dari pelosok daerah hingga di perkotaan. Dan semoga program ini terus dapat berlanjut di periode pemerintah selanjutnya hingga tercapainya tujuan bangsa Indonesia yang sehat.

Info terkait seleksi :
http://nusantarasehat.kemkes .go .id/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Program Jemput Bola Kemenkes Dengan Nusantara Sehat"

Posting Komentar