Cara Mengembalikan File Di Flashdisk Yang Disembunyikan Oleh Virus

Cara mengembalikan file di Flashdisk yang disembunyikan oleh virus bisa dibilang susah, meski bisa diselesaikan tanpa aplikasi apapun karena harus mengerti berberapa intruksi dasar dos.

Dikesempatan ini saya akan berbagi cara mengembalikan file di flashdisk yang disembunyikan oleh virus ketika flashdisk sayalah yang menjadi korbannya. Dan berikut cara yang akan saya jabarkan dengan Operating System Windows7 yang saya gunakan :

  • Colokan Flashdisk melalui slot USB di komputer atau Laptop.
command prompt
Jendela command prompt
  • Masuklah kedalam CMD (Command Prompt), caranya bisa melalui Start - All Programs - Accessories - Command Prompt, atau bisa langsung ketik CMD pada menu Search program, bisa juga melalui Run.
  • Setelah terbuka jendela Command Prompt, masuklah kedalam drive flashdisk. Untuk mengetahui drive flashdisk bisa melalui Folder Location. Setelah mengetahui lokasi drive ketikan F: (seperti contoh gambar).
Windows7
drive f:/> DA_SKA adalah nama flashdisk dan folder location
  • Bila sudah berada di drive flashdisk, lalu kita ketik dir untuk meyakinkan file kita masih ada di dalam flashdisk tersebut.
  • Setelah itu barulah ketahap cara mengembalikan file di flashdisk yang disembunyikan oleh virus dengan cara ketik : attrib –s –h –r /s /d (semuanya dipisah dengan spasi).
  • Tunggulah beberapa saat hingga jendela prompt muncul kembali dengan posisi drive F: tempat flashdisk kita.
  • Dengan demikian flashdisk sudah kembali seperti biasa.

Cara singkatnya adalah :
  1. Klik Start, ketikan CMD (pada search program menu).
  2. Ketik nama drive flashdisk ( misal F: ).
  3. Ketik : Dir
  4. Ketik : attrib -s -h -r /s/d
  5. Tunggu hingga muncul f:
Keterangan:
attrib = string untuk memulai merubah atribut pada Command Prompt.
-s = menghilangkan atribut System File.
-h = menghilangkan atribut Hidden File.
-r = menghilangkan atribut Read Only File.
/s = sub directory.
/d = directory.
dir = melihat isi dari sebuah directory.

Ada pun beberapa kendala yang saya temui saat melakukan hal tersebut lalu flashdisk saya tidak ada perubahan dan file saya tetap tersembunyi (tidak muncul)

Pertama, saya salah membuka lokasi folder flashdisk di command prompt.

Kedua, itu terjadi karena saat setelah mengetikan attrib -s -h -r /s/d, saya tidak menunggunya hingga selesai dengan muncul kembali ke drive flashdisk saya.

Ketiga, setelah menerapkan cara mengembalikan file di flashdisk yang disembunyikan oleh virus seperti diatas dengan benar dan baik, namun flashdisk saya perlu di cabut terlebih dahulu lalu di colok kembali ke port USB dan baru bisa muncul seperti semula flashdisk saya.

Cara mengembalikan file di flashdisk yang disembunyikan oleh virus tersebut telah saya dapatkan melalui seorang teman dan sudah diterapkan sendiri oleh saya dan berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengembalikan File Di Flashdisk Yang Disembunyikan Oleh Virus"

Posting Komentar