4 Sinetron Favorit di Tahun 1990-an Layak Di Tonton

sinetron indonesia
4 Sinetron Favorit di Tahun 1990-an Layak Di Tonton

Puluhan sineas-sineas atau pun artis muda bermunculan di Era 90an tiap bulannya tentu saja bukan tanpa alasan. Karena banyak pula sinetron-sinetron televisi bermunculan dengan membawa cerita yang bervariasi.

Tapi bagi saya tidak semua tayangan sinetron televisi yang ada di televisi layak ditonton oleh anak remaja karena ada beberapa sinetron yang bercerita seputar percintaan yang lebay tidak masuk akal dalam kenyataan dan kurang layak di usia remaja.

Banyaknya sinetron saat itu berarti harus pandai-pandainya kita memilih tayangan televisi. Nah jangan ngaku anak hits 90an kalau belum pernah nonton 4 sinetron hits berikut ini, minimal sih denger judulnya deh. Berikut 4 Sinetron Favorit di Tahun 1990an Layak Di Tonton versi Alfan Renata :

1. Si Doel Anak Sekolahan.

Anak betawi ketinggalan jaman, katenyeeee...

Yap! Itu penggalan lagu dari sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang pernah hits ditahun 90an yang sebelumnya juga pernah tayang pada tahun 1973an dengan judul sinetron Si Doel Anak Betawi.

Senang banget pernah melewati masa sinetron ini. Bagaimana tidak, sederet artis ibu kota turut serta dalam sinetron ini seperti Rano Karno, Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha, Aminah Cendrakasih, Pak Tile, Mandra, dan lain-lain.

Dan tidak kalah Hitsnya karena ada alm. H. Benyamin Sueb.. siapa coba yang tidak kenal artis Legendaris ini ?

2. Keluarga Cemara
Beda dengan Keluarga Cendana.. eh maaf, mari kita kesampingkan dulu soal politik.

Sinetron Keluarga Cemara menjadi tontonan anak hits saat itu menurut saya karena sangat kental dengan suasana keluarga yang sederhana dengan segudang permasalahan sehari-hari dalam rumah tangga.

Serem yah masih remaja nontonnya sinetron rumah tangga.

Itu sih lebih baik dari pada sinetron percintaan yang cuma bisa menimbulkan halusinasi semata.

Didalam cerita Keluarga Cemara tentu banyak banget faedah yang bisa kita ambil, lho. Semisal bagaimana peran seorang ayah yang harus bisa memberikan tauladan kepada keluarganya atau seorang kakak yang harus berkorban atau mengalah demi adiknya.

3. Lorong Waktu
Nah kalau yang ini termasuk sinetron musiman yang hadir dibulan Ramadhan. Sudah jelas dong sinetron ini layak ditonton. Soal jalan ceritanya sudah pasti tentang agama islam, yakni perjalanan spriritual seorang pak Haji (Deddy Mizwar) dan anak muridnya yang masih kecil si Zidan (Jourast Jordy) dengan ceritanya menggunakan teknologi canggih yang bisa menembus waktu lampau atau ke masa depan.

Ada juga sedikit bumbu percintaannya tapi tenang saja karena masih dalam batas normal sesuai syariat islam kok.

4. PPT (Para Pencari Tuhan)
Ceritanya sama dengan Lorong waktu yaitu tentang Agama tapi sinetron ini diisi dengan komedi. Ya jelas karena para pemeran utamanya adalah grup komedian Bajay (Mielki, Aden, dan Isa) yang merupakan mantan narapidana yang ingin tobat dengan menjadi marbot mushola yang diurus oleh seorang ustadz (Deddy Mizwar).

Soal percintaan tentu saja pasti ada karena tanpa itu sebuah sinetron jalan ceritanya akan membosankan.

Beda jaman beda pula tontonannya. Untuk saya ke 4 sinetron Favorit di tahun 1990an tersebut layak di tonton karena memiliki nilai edukasi. Entah di era Anak Hits sekarang ini, masih adakah sinetron yang memiliki nilai moral dan edukasi yang lebih baik atau malah semakin banyak sinetron percintaan yang memberikan halusinasi dalam dunia kenyataan.

Kalau saya saat ini justru lebih memilih online nonton youtube dibanding harus nonton sinetron di televisi. Kalau pun harus menonton tv saya lebih suka menonton pertandingan sepak bola atau acara hiburan lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "4 Sinetron Favorit di Tahun 1990-an Layak Di Tonton"

  1. Ga ada Tersanjung? Ck, aku kecewa.
    Pas keluarga Cendana itu receh banget bodornya, tapi aku ngakak. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ada Tersanjung pasti ada Tersayang dong.. haha.. makasih untuk kunjungannya ya

      Hapus
  2. Eh aku kok lupa Lorong Waktu yang mana ya? Hm... Padahal judulnya familiar tapi ngga inget episodenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sinetron garapan Dedy Mizwar, dia juga main dalam sinetron itu sebagai Kiai dan sering berkelana sama muridnya yg gendut (anak kecil)

      Hapus
  3. Hah, tema percintaan menimbulkan halusinasi? Saya waktu SD nonton sinetron percintaan tapi gak ngaruh juga tuh, gak mau pacaran juga.
    Eh, apa sayanya aja yg anaknya gak peka ya? Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kamu mah ga peka.. Peka..

      Sinetron percintaan mah ga logis banget. Kalo di Sinetron ketabrak mobil aja bisa jatuh cinta. Nah realitanya kalo ketabrak mobil malah ditinggal pergi sama mobilnya .. hahaha

      Hapus
  4. Saya suka Keluarga Cemara, ceritanya sederhana tapi penuh makna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat. saya juga suka sama sinetron ini. mendidik banget ceritanya.. ya kan

      Hapus
  5. Aku suka keluarga cemara ... ceritanya sederhana tapi syarat makna kehidupan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss.. saya dan keluarga kalo sinetron ini udah main biasanya langsung ngumpul di depan tv

      Hapus
  6. PPT dari jaman SMS-an kamu udah sahur blum, kamu udah bukapuasa belum? Sampe Yah, bangun, sahur! masih ditonton :)

    BalasHapus
  7. Sayang dulu saya dilarang ama beberapa anggota keluarga yang menguasa sebuah televisi di rumah yang satu - satunya, untuk nonton Keluarga Cemara. Penganut cocoklogi jaman dulu ahaha.. cemara = pohon orang kristen. :D :D namanya anak kecil ikut aja lah.

    BalasHapus
  8. Si Doel Anak Sekolahan itu memang favorit banget!

    Btw, coba cek tahun produksi sinetron Lorong Waktu deh. Seingatku sih tahun 2000-an malah, bukan '90-an, Dek.

    BalasHapus