Perbedaan Sebagai Kekuatan Indonesia



Mengapa harus takut berbeda kalau dengan berbeda kita semakin beragam pemikiran, dengan berbeda kita bisa saling berbagi pengetahuan tentang perbedaannya. Dengan berbeda pula kita dapat berkembang.

Bayangkan bila segala sesuatunya di dunia ini selalu sama. Budaya, Adat, Bahasa, bahkan Wajah, bentuk tubuh, warna kulit kita juga sama tentu kita tidak dapat saling mengenal satu sama lain karena segalanya sudah sama tanpa ada perbedaan sedikit pun. Sebagai manusia yang memiliki kadar biologis yang normal pun kita memilih pasangan tentunya yang berbeda jenis kelaminnya.

Namun dalam beberapa bidang seperti organisasi atau pun kenegaraan perlu adanya persamaa, yakni persamaan visi dan misi dalam membangun organisasi tersebut. Begitu pula dengan pemahaman suatu akidah dalam beragama.

Soal perbedaan saya pun teringat saat dalam acara dialogue CNN Indonesia bersama Jaya Suprana “Perbedaan seharusnya dihimpun sebagai kekuatan membangun Bangsa Indonesia.” Sebagai mana mestinya sejarah bangsa ini memang dibangun berdasarkan perbedaan yang ada.

Indonesia yang merupakan Negara kepulauan yang terbagi dalam banyak provinsi, adat istiadat, budaya, bahasa, pakaian dan sebagainya. Indonesia juga memiliki simbol Negara Bhineka Tunggal Ika yang berarti Berbeda-beda Tetap Satu.


Dalam prosesnya pemprolakmirkan Kemerdekaan Negara Indonesia pun memiliki banyak sekali perbedaan yang salah satunya adalah perbedaan pendapat yang kita kenal perbedaan pendapat golongan tua dan golongan muda yang 

Perbedaan sering sekali jadi pemisah dan penghambat sebuah keputusan dalam lingkungan masyarakat. Tapi adanya perbedaan menjadikan banyaknya masukan ide-ide baru yang mungkin saja bisa di kombinasikan dengan ide yang kita miliki.

Lalu bagaimana sikap kita dalam menghadapi perbedaan di era kekinian ?

Singkirkan ego dan sikap terbuka alias toleransi kepada perbedaan tersebut harus ditingkatkan. Setiap perbedaan pasti memiliki sesuatu hal yang bernilai positif.

Jadikan perbedaan sebagai kekuatan kita untuk bersatu bukan sebaliknya menjadi penghancur persatuan negara Indonesia kita tercinta.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Sebagai Kekuatan Indonesia"

Posting Komentar