Jangan pernah bilang TIDAK BISA



Melakukan sesuatu yang baru dan bahkan benar-benar baru kadang bikin kesal dibanding melakukan hal yang udah sering dilakukan. Yai yalah namanya juga masih baru, jadi belum tahu apa yang harus dilakukan dan apa saja kendalanya. Cemas pasti ada.

Begitu juga seperti yang dialami oleh seseorang beberapa minggu lalu. Dia sangat kesal ketika ia dipindah kebagian lain di tempat kerjanya. Gak bisa ditolak lagi karena udah perintah bos besarnya dan yang pastinya harus ia jalani dengan rasa kecewanya.

Pernah beberapa kali ia bercerita sama saya kalau dia ingin menyerah karena TIDAK BISA berada dijabatannya dan ingin mengundurkan diri dari posisi kerjanya saat itu, bahkan ia pun ingin keluar dari tempat kerjanya. Padahal menurut saya, jabatan itu adalah posisi yang baik dan tidak semua karyawan dapat dipercaya (cuma orang tertentu yang bisa diposisi itu).

You Never Alone !

Saya pun pernah mengalami hal yang sama tapi bukan soal jabatan dalam pekerjaan, terlebih mengenai rasa putus asa dan selalu mengatakan TIDAK BISA. Tepatnya lima belas tahun yang lalu atau saat saya berada di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Menjadi bulan-bulanan guru mungkin saat itu saya merasa udah takdirnya. Di tampar, di sabet, di jitak, dan di cubit hingga membiru  udah jadi sarapan saya tiap ada pelajaran Matematika yang menurut saya sebuah pelajaran yang menyenangkan. Selain karena pelajarannya yang sulit, gurunya juga galak. Seorang laki-laki berbadan kurus dan juga berkaca mata, pak Rusyadi namanya. Banyak teman-teman saya mengira ia adalah suami dari seorang artis yang bernama Paramitha Rusyadi, ternyata bukan.

Oleh karena itu beberapa kali saya mencoba untuk sembunyi di kantin ketika pelajarannya dan juga pernah bolos sekolah karena belum mengerjakan tugas sekolah Matematika. Alhasil, saya pun pernah dipanggil ke ruang BP (Bimbingan Pelajar) dan mendapat peringatan dari pihak sekolah. Dan saya gak sendiri, karena banyak teman-teman saya juga melakukannya.

Motivate Yourself

Karena seringnya jadi bulan-bulanan guru, pernah gak mau sekolah lagi disana hingga ada seorang guru kesenian yang bernama Dewi memberikan motivasi.

"Fan, mana gambarmu? waktu ibu sebentar lagi di kelas ini".

"Saya gak bisa gambar, bu" jawab saya.

"Jangan pernah bilang gak bisa, tapi katakan belum bisa, karena kamu masih punya kesempatan untuk belajar hingga BISA".

"Coba aja dulu. Coret-coret sesuka kamu aja".

Sangat jelas percakapan itu didalam ingatan saya hingga saat ini. Sebuah kata motivasi yang sederhana tapi dapat mengubah semangat saya. Bu Dewi pun tahu permasalahan yang saya hadapi, ia pun tahu kalo saya selalu komat-kamit baca mantra supaya gak dipanggil maju kedepan tuk ngerjakan soal di papan tulis saat pelajaran Matematika.

Dengan percakapan itu pula saya mencoba untuk membuat sebuah gambar, gak tahu gambar apa juga yang saya bikin. Sebuah gambar segitiga sama sisi yang memenuhi satu lembar kertas gambar ukuran A3 dengan warna merah dan biru seperti baju Spider man, tapi bukan gambar yang terinspirasi dari segitiga (baca : celana dalam) spider man, lho.

Dibidang pelajaran Matematika pun saya mencoba untuk mengikuti kursus pelajaran tersebut diluar jam sekolah sehingga perlahan saya mulai menyukai pelajaran matematika dan bisa mengikuti serta memahami setiap materi yang diberikan guru, hukuman pun semakin berkurang.

Sampai sekarang kalimat itu pula yang selalu teringat dalam ingatan sekaligus menjadi motivasi ketika saya mengalami sebuah tantangan hidup. Saya selalu mencoba menghindari kalimat SAYA TIDAK BISA karena dengan begitu saya juga bisa dapat pengetahuan yang baru dengan cara menghadapi setiap permasalahan yang saya hadapi.

Oh iya, saya yakin kalimat itu bisa memotivasi teman-teman yang membaca tulisan ini. Karena saya merasakan efek yang luar biasa dari kalimat tersebut hampir disemua rasa putus asa dari permasalahan hidup saya. Begitu juga bagi seseorang yang saya ceritakan di paragraf paling atas, yang akhirnya ia sangat menikmati jabatannya saat ini.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Jangan pernah bilang TIDAK BISA"

  1. Yakinkan "aku pasti bisa!" Lihat mantra dari guruku di postinganku Fan.
    Eh itu temennya harusnya senang ya dikasih kepercayaan dan kesempatan istimewa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh, harusnya dia senang makanya aku bikin dia percaya dan mampu di jabatannya

      Hapus
  2. Aku Bisa! Aku Bisa! itu sugesti yang selalu aku tanemin di mind ku Fan.

    Dulu, pertama kali kerja,Aku diajarin bapak Bos utk segala bisa di dunia internet marketing, alhamdulillah jadi bisa semuaa, yihaa!
    Tapi bener loh, efek semangat dr temen bakalan bkin lebih percaya diri.

    BalasHapus
  3. Tiap orang punya bakat maupun potensi yang sudah melekat pada diri masing2. Tinggal kita sendiri yg harus bisa menentukan apakah mau atau ga untuk melakukan hal tersebut, tentu yg positif ya 😊

    BalasHapus